EKSTRA

Selasa, 14 Agustus 2012

RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK (RKA)

A. Aspek / Masalah :
Terciptanya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, kecenderungan perkembangan proses pembelajaran rumpun mata pelajaran  Matematika.
B. Tujuan :   
Meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru serta meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat.
C. Indikator Keberhasilan :
1.      Tingginya aktivitas belajar siswa.
2.      Meningkatnya kualitas proses pembelajaran Matematika di kelas.
3.      Meningkatnya kemampuan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran
4.      Terciptangan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
5.      Meningkatnya prestasi hasil belajar siswa

D. Strategi/Metode Kerja (Teknik Supervisi) :     
Pengamatan perilaku guru saat mengajar dengan instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran berupa Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG)

E. Skenario Kegiatan :
1.      Pertemuan awal (persiapan)
a         Menyiapkan instrumen pra supervisi dan instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran (IPKG)


b        Melakukan pertemuan awal/wawancara dengan guru sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas, menggunakan instrumen wawancara :
1)      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2)      Tujuan pembelajaran
3)      Indikator
4)      Pendekatan/metode
5)      Skenario/kegiatan pembelajaran
6)      Penilaian proses/hasil belajar
7)      Alat/bahan, peraga, model, dan media yang diperlukan
c         Diskusi rencana kegiatan pembelajaran khususnya aspek mana yang perlu mendapat perhatian dan dicermati oleh pengawas selaku pengamat
2.      Pengamatan pelaksanaan pembelajaran
a         Pengawas/pengamat menempatkan diri di belakang tempat duduk siswa
b        Guru menempatkan diri di depan kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai RRP yang telah disiapkan
c         Pengawas/pengamat mengamati dan mencermati setiap tahapan pembelajaran mulai dari tahap persiapan, kegiatan inti, sampai penutup
d        Pengawas/pengamat mencatat setiap kejadian, perilaku, guru dan siswa selama pembelajaran dan menilai kinerja guru menggunakan instrumen pelaksanaan pembelajaran (IPKG)
3.      Pertemuan akhir (penutup)
a         Mendiskusikan hasil pengamatan baik yang bersifat positif untuk dikembangkan dan kekurangan untuk diperbaiki pada pembelajaran berikutnya
b        Menyampaikan nilai hasil kinerja guru selama pembelajaran
c         Memberi pembinaan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk kompetensi yang lain sesuai karakteristik mata pelajarannya   




F. Sumber Daya yang Diperlukan :
1.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI  Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar proses.
2.      Perangkat pembelajaran.
3.      Alat/bahan, peraga, model, dan media pembelajaran lain.

G. Penilaian dan Instrumen :
1.      Instrumen :
b.      Instrmen wawancara
c.       Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG)
2.      Penilaian :
a.       Penilaian menggunakan IPKG
b.      Skor penilaian menggunakan skala likert (rating scale) 1, 2, 3,  dan 4
c.       Ada 4 komponen yang dinilai : 1. perangkat pembelajaran, 2. persiapan pembelajaran, 3. membuka pelajaran, 4. kegiatan inti pembelajaran, dan 5. penutup
d.      Nilai akhir : jumlah skor yang diperoleh dibagi skor maksimal dikali seratus.
                                
                                   (JML SKOR-2)   
e.       Rumus :    N  =                            X    100
               SKOR MAX  


H. Rencana Tindak Lanjut
1.       Meminta kepada guru yang bersangkutan untuk merevisi rencana pembelajaran yang belum sesuai sebagai acuan dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran sesuai hasil supervisi tersebut.
2.       Menyampaikan hasil supervisi dan penilaian kepada Kepala Sekolah sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai kewenangannya.
3.       Menyimpan hasil supervisi sebagai bahan pembinaan bagi guru Matematika yang lain dan sebagai bahan laporan kepengawasan kepada Kepala Dinas Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar