EKSTRA

Selasa, 14 Agustus 2012

FUNGSI DAN PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH


FUNGSI DAN PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
OLEH MUDHOFAR, S. Pd.

  1. PENDAHULUAN
Apabila kita memasuki suatu perpustakaan, yang kita lihat pertama adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara rapih di rak buku,rak majalah, maupun rak-rak bahan pustaka lain. Bahan-bahan pustaka tersebut diatur menurut suatu sistem tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang diperlukan.
Pertanyaan yang timbul pada diri kita adala apakah setiap jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur secara sistematis boleh disebut perpustakaan? Atau dengan kata lain, apakah sebenarnya perpustakaan itu? Banyak batasan atau pengertian tentang perpustakaan yang disampaikan oleh para pakar di bidang perpustakaan. Anda dapat mempelajari beberapa pengertian perpustakaan seperti di bawah ini :
Menurut kamus “ The Oxford English Dictionary”,kata “library” atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1374, yang berarti sebagai “ suatu tempat buku-buku diatur untuk dibaca, dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan”.
Pengertian perpustakaan ini pada abad ke-19 berkembang menjadi “ suatu gedung,ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yanng dipelihara dengan baik,dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu.
Dalam perkembangannya lebih lanjut, pengertian perpustakaan memperoleh penghargaan yang tinggi, bukan sekadar suatu gedung yang berisi koleksi buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
Pada tahun 1970, The American Library Association menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “ pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan “.
Dalam pengertiannya yang mutakhir, seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa “ perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar sekaligus, yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pelestarian bahan pustakan; fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan; serta tujuan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional.
Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggunng jawabnya kepada kepala sekolah; yang melayani sivitas akademka sekolah yang bersangkutan.

  1. FUNGSI PERPUSTAKAAN
Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud merupakan hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Dalam pengertian perpustakaan yang mutakhir ini juga tersirat fungsi perpustakaan pada umunya, yaitu sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan. Namun secara khusus,setiap jenis perpustakaan mempunyai fungsi masing-masing ,yang berbeda antara yang satu dan lainnya. Fungsi Perpustakaan Nasional RI berbeda dengan fungsi Perpustakaan Umum,fungsi Perpustakan Daerah berbeda dengan Perpustakaan Sekolah,fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi berbeda dengan fungsi Perpustakaan Khusus/Dinas. Karenanya berbeda-beda, maka masing-msing perpustakaan memiliki tujuan yang berbeda-beda pula yang harus dicapai oleh masing-masing jenis perpustakaan.

Marilah sekarang kita tinjau satu-persatu fungsi-fungsi perpustakaan menurut jenisnya.
Perpustakaan Nasional RI, menurut Keputusan Presiden nomor 11 tahun 1989,pasal 3 ,menyelenggarakan fungsi :
a.       Membantu Presiden dalam rangka merumuskan kebijaksanaan mengenai pengmbangan,pembinaan dan pendayagunaan perpustakaan.
b.      Melaksanakan pengembangan tenaga perpustakaan dan kerjadsama antara badan/lembaga termsuk perpustakaan didalam maupun diluar negeri
c.       Melaksanakan pembinaan atas semua ejnis perpustakaan di instansi/lembaga pemerintah maupun swasta yang ada dipusat ataupun didaerah
d.      Melaksanakan pengumpulan,penyimpanan, dan pengolahan bahan pustaka dari dalam dan luar negeri
e.       Melaksanakan jasa perpustakaan, perawatan danpelestarian bahan pustaka
f.       Melaksanakan penyusunan naskah bibliografi nasional dan katalog induk nasional
g.      Melaksanakan penyusunan bahan rujukan berupa indeks, bibliografi, subyek, abstrak dan penyusunan perangkat lumak bibiliografi.
h.      Melaksanakan jasa koleksi rujukan dan naskah
i.        Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan oleh Presiden

1.      Fungsi Perpustakaan Daerah
Disamping,Perpustakaan Daerah yang merupakan suatu organaisasi dilingkungan Perpustakaan Nasional RI yang berada di daerah , menurut Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 001/Org/9/1990, tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional RI, mempunyai fungsi :
a.    Mempersiapkan bahan perumusan kebijaksanaan pembinaan dan pengembangan perustakaan di daerah
b.    Melaksanakan pembinaan dan pengembangan pada semua jenis perpustakaan di daerah
c.    Melaksanakan pengeumpulan, penyimpanan, dan pengolahan bahan pustaka
d.   Melaksanakan jasa perpustakaan, perawatan dan pelestarian bahan pustaka
e.    Melaksanakan penyususnan dan penerbitan bibliobgrafi daerah dan katalog induk daerah
f.     Melaksanakan penyususnan bahan rujukan berupa indeks,bibliografi,subyek, abstrak dan direktori
g.    Melaksanakan jasa informasi dan rujukan (referensi)
h.    Melaksanakan kerja sama antar perpustakaan di daerah
i.      Melaksanakan koordinasi dan evaluasi kegiatan perpustakaan di daerah
j.      Melaksanakan urusan ketatausahaan

2.      Fungsi Perpustakaan Umum dan Keliling
Perpustakaan Umum baik yang berada di Daerah Tingkat II (Ibukota Kabupaten/Kotamadya), di ibukota kecamatan maupun yang berada di desa, menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 1988 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 21 tahun 1988, mempunyai fungsi :
a.    Menghimpun dan mengolah bahan pustaka dan informasi
b.    Memelihara danmelestarikan bahan pustaka dan informasi
c.    Mengatur dan mendayagunakan bahan pustaka dan informsi, sebagai pusat kegiatan belajar, pelayanan informasi, penelitian dan menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca bagi seluruh lapisan masyarakat
Perpustakaan Keliling berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani kebutuhan informasi masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum. Pada hakikatnya fungsi Perpustakaan Keliling sama dengan Perpustakaan Umum . Perpustakaan Keliling merupakan kepanjangan layanan Peprustakaan Umum.

3.      Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah menurut Keputusan Menteri Pendidiknan dan Kebudayaan nomor 0103/O/1981, tanggal 11 Maret 1981, mempunyai fungsi sebagai :
a.    Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah
b.    Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya
c.    Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan)
Semua fungsi tersebut akan tergambar dalam koleksi pepustakaan bersangkutan.

  1. ASPEK-ASPEK PEMBINAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
1.    Aspek Status, Ogranisasi dan Manajemen
Sampai saar ini status beberap jenis perpustakaan ,seperti perpustakaan khusus,perpustakaan sekolah, perpustakaan perpguruan tinggi dan lain-lain, belum jelas, khususnya tentang eselonisasinya. Hal ini mengakibatkan tidak jelas pula aspek-aspek lainnya, misalnya berapa luas gedung/ruangannya, berapa banyak pustakawannya, berapa banyak koleksinya dan lain-lain. Oleh karena itu status beberapa  jenis perpustakaan masih menjadi masalah yang perlu diperjuangkan. Yang statusnya telah jelas adalah Perpustakaan Nasional RI (eselon I), Perpustakaan  Daerah (eselon II) dan Perpustakaan Umum Dati II (eselon IV).
Karena status masih belum jelas maka organisasinya juga menjadi masalah sehingga organisasi perpustkaan dalam Undang-undang Perpustakaan yang akan datang dapat disusun meliputi:
1)        Kepala Perpustakaan (unsur pimpinan)
2)        Petugas tata usaha perpustakaan ( unusur pembantu pimpinan)
3)        Unsur pelaksana yang terdiri atas:
a)        Petugas pengadaan/pengolahan baha pustaka
b)        Petugas pelayanan (sirkulasi dan referensi)
c)        Petugas penyuluhan/pemasyarakatan
d)       Petugas penelitian dan pengembangan
Manajemen perpustakaan fungsi kegiatannya meliputi perencanaan,pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan (POAC= Planning, Organization,Actuating dan Controlling) Dalam perencanaan kepala perpustakaan dapat menggungakan prinsip-prinsip Manajemen Berdasarkan Sasaran (MBS atau Mangement By Objectives (MBO).

2.    Aspek Ketenagaan
Keberhasilan suatu perpustakaan diukur berdasarkan tinggi rendahnya kemempuan perpustakaan tersebut dalam melaksanakan fungsinya sebagai pusat kegiatan belajar mandiri serta pusat pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi masyarakat sekelilingnya. Untuk itu sebuah perpustakaan dari segi fisiknya memerlukan pembinaan yang tepat, yang memperhatikan perpaduan aspek lokasi gedung ruangan dan  koleksi bahan pustaka agar serasi, selaras dan seimbang dengan baik. Tidak boleh terjadi alur kerja terhambat karena masalah ruang. Ini berarti bahwa petugas perpustakaan harus dapat mengatur ruang sedemikian rupa sesuai dengan kondisi yang ada. Hal ini teruta






  1. PENUTUP
Perpustakaan Sekolah merupakan unit kerja dan sebagai perangkat mutlak (complement) dari sekolah yang bersangkutan. Dengan tujuan menyediakan koleksi pustakan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Dikatakan juga bahawa perpustakaan tersebut sebagai “jantungnya” pelaksanaan pendidikan pada lembaga itu.
Sedangkan fungsi utamanya yaitu sebagai pusat sumber belajar,pusat sumber informasi dan pusat bacaan rekreasi dan pengisi waktu senggang. Untuk selanjutnya perpustakaan itu sebagai tempat membina minat dan bakat siswa, menuju belajar sepanjang hayat (Long Life Education)







DAFTAR PUSTAKA

MUJITO, Pembinaan Minat Baca, Jakarta : Universitas Terbuka, 1993
MARTOATMOJO, Karmidi. Manajemen Perpustakaan Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka, 1997
----------------------------------. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka, 1993
SULISTYO, Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan: Universitas Terbuka, 1993























JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
Apabila kita memasuki suatu perpustakaan, yang kita lihat pertama adalah jajaran buku dan bahan pustaka lain yang diatur rapi dirak buku, rak majalah, maupun rak-rak bahan pustaka lain.
Bahan-bahan pustaka tersebut diatur  menurut suatu system tertentu sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk menemukan kembali bahan pustaka yang diperlukan. Perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka. Bahan pustaka yang dimaksud merupakan hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Dalam pengertian perpustakaan yang mutikhir ini juga tersirat fungsi perpustakaan pada umumnya yaitu sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan. Namun secara khusus, setiap jenis perpustakaan mempunyai fungsi masing-masing, yang berbeda antara yang satu dan lainnya.
Karenanya berbeda-beda maka masing-masing perpustakaan memiliki tujuan yang berbeda-beda pula yang harus dicapai oleh masing-masing jenis perpustakaan. Dengan itu marilah kita tinjau satu-persatu jenis-jenis perpustakaan dan fungsi-fungsinya.

B.            Rumusan Masalah
1.    Apa saja jenis-jenis perpustakaan itu?
2.    Apa-apa saja pengertian–pengertian dari jenis perpustakaan?
3.    Apa-apa saja fungsi dari jenis-jenis perpustakaan itu?

C.           Tujuan
Agar lebih mengetahui lebih banyak jenis-jenis perpustakaan dan fungsi dari jenis-jenis perpustakaan tersebut, agar member tahu kepada semua orang bahwa perpustakan itu terdiri dari beragam jenis.

BAB II
JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
PEMBAHASAN
Pada prinsipnya perpustakaan didirikan dengan tujuan dan misi yang berbeda-beda, karena perbedaan tujuan dan misi itulah menimbulkan jenis-jenis perpustakaan. Adapun jenis-jenis perpustakaan yang ada dewasa ini adalah sebagai berikut:
A.           Perpustakaan Internasional
Perpustakaan Internasional adalah perpustakaan yang didirikan oleh dua negara atau lebih atau yang didirikan oleh organisasi Internasional. Contoh perpustakaan Internasional adalah perpustakaan League of Nations Library berada di Jenewa dan merupakan dari PBB (United Nation, UN).
B.            Perpustakaan Nasional
Fungsi utama perpustakaan nasional adalah penyimpanan semua bahan pustaka yang tercetak dan terekam yang diterbitkan disuatu negara. Adapun fungsi-fungsi perpustakaan lainnya, yaitu:
1.    Menyimpan setiap pustaka yang diterbitkan disebuah Negara
2.    Mengumpulkan atau memilih bahan pustaka terbitan negara lain
3.    Menyusun bibliografi nasional yakni daftar buku yang diterbitkan disebuah Negara
4.    Menjadi pusat informasi negara yang bersangkutan
5.    Sebagai pusat antar pinjam perpustakaan negara yang bersangkutan serta antar negara yang bersangkutan dengan negara lain
6.    Memberikan jasa terjemahan, latihan kerja bagi para pustakawan mencatat hak cipta atas buku.
C.           Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh dana imu dengan tujuan melayani masyarakat umum. Adapun kriteria-kriteria perpustakaan umum adalah sebagai berikut:
1.        Terbuka untuk umum artinya terbuka unutk siapa saja
2.        Dibiayai oleh dana umum, yaitu dana yang berasal dari masyarakat
3.        Jasa yang diberikan pada hakikat bersifat cuma-cuma artinya tidak perlu membayar.
Manifesto perpustakaan umum Unesco menyatakan bahwa perpustakaan umum mempunyai empat tujuan utama, yaitu:
1.        Memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu meningkatkan mereka kearah kehidupan yang lebih baik
2.        Menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat, dan murah bagi masyarakat
3.        Membantu warga untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya
4.        Bertindak sebagai agen kultural artinya perpustakaan umum merupakan pusat utama kehidupan budaya bagi masyarakat sekitarnya.
Kelompok yang dikategorikan sebagai perpustakaan umum, yaitu:
a.         Perpustakaan wilayah
Adapun tugas perpustakaan wilayah adalah:
1)        Mengumpulkan dan menyusun bahan pustaka
2)        Memberikan pelayanan dan pendayagunaan bahan pustaka
3)        Menggunakan jasa referns artinya memberikan jawaban atas segala pertanyaan yang masuk keperpustakaan wilayah
4)        Memelihara bahan pustaka
5)        Membantu pelaksanaan bimbingan teknis perpustakaan.
b.        Perpustakaan Propinsi, jenis perpustakaan ini hanya terdapat di Sulawesi Utara.
c.         Perpustakaan Umum Kotamadya, merupakan perpustakaan umum yang dikelola kotamadya.
d.        Perpustakaan Umum Kabupaten Dikelola oleh kabupaten
e.         Perpustakaan Umum Kecamatan, perpustakaan ini terdapat dikecamatan
f.             Perpustakaan Umum Desa, dikelola oleh swadaya masyarakat desa.
g.        Perpustakaan Umum Cacat Netra
h.        Perpustakaan Umum untuk masyarakat sesuai dengan usia
i.              Perpustakaan Keliling
D.           Perpustakaan Pribadi
Artinya perpustakaan yang dikelola oleh pihak swasta dengan tujuan melayani bahan pustaka bagi kelompok, keluarga, atau individu tertentu.
E.            Perpustakaan Khusus
Merupakan perpustakaan milik sebuah departemen, lembaga negara, penelitian, organisasi massa, militer, industry, maupun perusahaan swasta. Yang termasuk dalam kelompok perpustakaan khusus, antara lain:
1.        Perpustakaan departemen dan lembaga negara non departemen
2.        Perpustakaan bank
3.        Perpustakaan surat kabar dan majalah
4.        Perpustakaan industry dan badan komersial
5.        Perpustakaan lembaga penelitian dan ilmiah
6.        Perpustakaan perusahaan
7.        Perpustakaan militer
8.        Perpustakaan organisasi massa
F.            Perpustakaan Sekolah
Adalah perpustakaan yang tergabung dalam sebuah sekolah yang dikelola oleh sekolah yang bersangkutan untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum. Perpustakaan sekolah termasuk didalamnya yaitu:
1.        Perpustakaan Taman Kanak-kanak
2.        Perpustakaan SD
3.        Perpustakaan SLTP
4.        Perpustakaan SLTA.
G.           Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang terdapat di lingkungan Perguruan Tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi, dengan tujuan utama membantu Perguruan Tinggi mencapai tujuannya. Tujuan perguruan tinggi di Indonesia yaitu dikenal dengan nama Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Yang termasuk perpustakaan Perguruan Tinggi yaitu perpustakaan jurusan, fakultas, universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademik.
Adapun secara umum tujuan perpustakaan perguruan tinggi adalah:
1.        Memenuhi keperluan informasi masyarakat perguruan tinggi, biasanya staf pengajar dan mahasiswa
2.        Menyediakan bahan pustaka rujukan pada semua tingkat akademis, artinya mulai dari mahasiswa tahun pertama hingga mahasiswa pasca sarjana dan pengajar
3.        Menyediakan ruangan belajar untuk pemakai perpustakaan
4.        Menyediakan peminjaman yang tepat guna bagi berbagai jenis pemakai
5.        Menyediakan informasi aktif yang tidak saja terbatas bagi lingkungan perguruan tinggi, tetapi juga lembaga industry lokal.




BAB III
PENUTUP

I.               Kesimpulan
Dewasa ini perpustakaan telah berkembang sehingga jenis-jenis perpustakaan pun semakin banyak.
Jenis-jenis perpustakaan adalah sebagai berikut:
a.         Perpustakaan Internasional
b.        Perpustakaan Nasional
c.         Perpustakaan Umum
d.        Perpustakaan Pribadi
e.         Perpustakaan Khusus
f.             Perpustakaan Sekolah
g.        Perpustakaan Perguruan Tinggi
Walaupun perpustakaan tersebut berbeda-beda jenisnya antara jenis satu dengan yang lain berbeda fungsinya namun tujuan perpustakaan tetap sama yaitu sebagai sarana pelestarian hasil budaya dan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan teknologi dan kebudayaan uintuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan penunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

  II.          Saran-saran
Mari kita semua menyadari betapa pentingnya perpustakaan itu untuk mencerdaskan  bangsa dan menunjang pelaksanaan nasional serta kita tingkatkan terus minat belajar kita untuk masa depan.

DAFTAR PUSTAKA

Saleh, Abdur Rahman dan Fahidin. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: universitas terbuka, 1995.
Trimo, Soejono. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar