LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH
Alamat
: Jl. Raya Jali – Demak Km.03 Kode pos 59552 '08282577203
Nama : …………………………….. Alamat : ……………
Materi : Wawasan Kemadrasahan Pemateri : Mudhofar, S.Pd.
Kerjakan dan jelaskan Soal Dibawah ini dengan benar dan
tepat !
1.
Apa yang menjadi motivasi
kalian untuk memasuki madrasah ini? Jelaskan dan beri alasanmu!
2.
Sebutkan langkah-langkah
untuk mewujudkan motivasi kalian masuk madrasah ini !
3.
Tuliskan dan
ikrarkan komitmenu untuk
mewujudkan motivasimu masuk
madrasah ini!
4.
Apa yang bisa kalian
lakukan agar visi madrasahmu dapat terwujud?
5.
Langkah-langkah apa
yang kamu lakukan
untuk mewujudkan misi
dan tujuan madrasahmu!
6.
Tuliskan pernyataanmu dan
ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi, misi
dan tujuan madrasahmu!
7.
Identifikasilah ciri ciri
berpakaian islami!
8.
Kemukakanlah apa manfaat
dari berpakaian islami!
9.
Tuliskan pernyataanmu dan
ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa berpakaian Islami!
10. Deskripsikanlah adab berbicara kepada orang tua, guru,
masyarakat dan teman!
11. Apa yang kamu
lakukan ketika berbicara
dengan orang tua,guru,masyarakat dan teman!
12. Tuliskan
pernyataanmu dan ikrarkan
sebagai komitmen bagaiamana
kamu adab berbicara dengan orang
tua, guru, teman dan masyarakat!
13. Bagaimanakah akhlaq pergaulan yang sesuai dengan ajaran Islam?
14. Bagaimanakah cara bergaul menurut Islam terhadap orang tua,
guru, masyarakat dan teman?
15. Tuliskan
pernyataanmu dan ikrarkan sebagai
komitmen bagaiamana kamu bergaul dengan orang tua, guru, teman
dan masyarakat!
16. Kelompokkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama!
17. Sebutkan penyebab mata pelajaran yang disukai dan yang kurang
disukai!
18. Langkah apa saja yang
kamu lakukan pada mata pelajaran yang diminati agar dapat meningkat
prestasinya!
19. Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang
kurang diminati agar
20. memperoleh hasil yang sama dengan pelajaran yang kamu minati!
21. Tuliskan
pernyataanmu dan ikrarkan
agar semua mata
pelajaran yang dipelajari memperoleh nilai baik!
22. Tulislah KKM masing-masing mata pelajaran di madrasah kamu!
23. Tuliskan
langkah-langkah yang kamu
lakukan untuk mencapai
KKM yang telah ditentukan di madrasah!
24. Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan
kamu lakukan untuk dapat mencapai KKM di madrasahmu!
25. Jelaskan pengertian kriteria kenaikan kelas menurut pendapatmu!
26. Jelaskan mengenai ketentuan kriteria kenaikan kelas di
madrasahmu!
27. Langkah-langkah apa yang
kamu lakukan untuk
mencapai kriteria kenaikan
kelas tersebut? Sebutkan!
28. Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk
senantiasa melakukan
29. langkah-langkah guna mencapai
kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
Jawaban di sebaliknya !!!
BAB II
WAWASAN
KEMADRASAHAN
A. VISI,
MISI DAN TUJUAN MADRASAH
Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Wawasan Kemadrasahan : Mujadilah
: 11
Artinya ;
Niscaya Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu
pengetahuan beberapa derajat.
dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Setiap orang
atau lembaga yang
ingin maju pasti
akan memiliki pandangan atau
cita-cita atau biasa kita
sebut dengan Visi.
Tentunya cita-cita atau visi
tersebut bukan hanya
keinginan semata akan
tetapi diharapkan terwujud. Seseorang yang ingin menjadi dokter pasti
melalui proses yang panjang,
mulai pendidikan dasar
ia jalani sampai
dengan pendidikan tinggi dengan
jurusan yang sesuai.
Tidak akan mungkin memiliki cita-cita
menjadi seorang dokter
kemudian masuk perguruan
tinggi dengan
jurusan teknik. Demikian
juga madrasah kalian
pasti memiliki visi yang ingin diwujudkan. Untuk merealisasikan visi
tersebut semua komponen yang
ada di madrasah
harus ikut secara
maksimal. Sekarang apa yang bagaiamana pendapatmu agar visi madrasahmu
bisa terwujud? Untuk mewujudkan visi
diperlukan tindakan yang sesuai atau bisa kita sebut dengan
misi. Coba diskusikan
bagaiamana merealisasikan misi yang dimiliki oleh madrasahmu!
Motivasimu masuk ke
madrasah akan sangat
menentukan keberhasilanmu
dalam pembelajaran. Duh
pula pada seberapa
besar upaya yang akan
dilakukan terhadap pencapaian
visi dan misi madrasahmu. Dalam rangka merealisasikan
visi dan misi madrasah maka ditentukan tujuan.
Tujuan inilah yang
akan memperjelas pencapaian
visi maupun misi. Menurut
kalian bagaiamanakah peran
kalian untuk ikut
aktif melaksanakan tujuan madrasah?
Untuk mewujudkan visi
dan misi madrasah
kalian harus memiliki kemauan dan
kerja keras serta
bekerja sama seluruh
komponen madrasah
melaksanakan
kegiatan-kegiatan madrasah dengan
penuh tanggung jawab .
B. CIRI KHAS MADRASAH
1. Akhlak Berpakaian
Materi Pokok:
Firman Allah SWT tentang: Akhlak Berpakaian QS. Al-A’raaf: 26
Artinya ;
Hai anak
Adam, Sesungguhnya Kami
telah menurunkan kepadamu pakaian untuk
menutup auratmu dan pakaian
indah untuk perhiasan. dan
pakaian takwa. Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah
sebahagian dari tanda-tanda
kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
Baca dan
renungkan dua ayat tersebut di atas! Apa yang dapat kalian petik dari dua ayat
tersebut di atas yang berkaitan dengan cara kita berpakaian? Sebagai
seorang muslim yang
mencintai bangsanya kita
menggunakan pakaian yang dapat
menjaga kehormatan dirinya
serta suka menggunakan produksi dalam negeri.
2.
Akhlak Berbicara
Materi Pokok :
Firman
Allah SWT tentang: Akhlak berbicara : QS. An-Nisaa: 114
Artinya; Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka,
kecuali bisikan-bisikan dari orang
yang menyuruh (manusia)
memberi sedekah, atau berbuat
ma'ruf, atau Mengadakan perdamaian di antara manusia. dan
Barangsiapa yang berbuat
demikian karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak Kami
memberi kepadanya pahala yang besar.
Cobalah kalian fahami
ketiga ayat tersebut
di atas! Apa
yang terkandung dalam ayat
tersebut dan bagaimanakah adab seorang muslim ketika berbicara dan mendengarkan
pembicaraan orang lain?
3.
Akhlak Pergaulan
Materi Pokok :
Firman Allah SWT tentang Akhlak
Pergaulan : QS. Al-Hujurat : 13
Artinya ;
Hai manusia, Sesungguhnya Kami
menciptakan kamu dari seorang
laki-laki dan seorang perempuan dan
menjadikan kamu berbangsa
- bangsa dan bersuku-suku
supaya kamu saling
kenal-mengenal. Sesungguhnya
orang yang paling
mulia diantara kamu
disisi Allah ialah
orang yang paling taqwa diantara
kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.
Cobalah kalian renungkan ayat
tersebut di atas! Mengapa
kita diperintahkan untuk
senantiasa bergaul dengan sesama dengan baik. Hikmah apa yang dapat kita ambil
mengapa kita diperintahkan untuk selalu bergaul sesuai denga ayat tersebut di atas?
C. KURIKULUM
1. Struktur Kurikulum
Materi
Pokok :
Firman Allah SWT tentang struktur kurikulum : QS.al-Baqarah :
2
Artinya ; Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan
padanya; petunjuk bagi mereka yang
bertaqwa
Kurikulum adalah
seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi,dan
bahan pelajaran serta
cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu. Tujuan pendidikan tertentu tersebut mencakup tujuan
pendidikan nasional serta
kesesuaian dengan kekhasan,
kondisi dan potensi daerah, satuan
pendidikan, dan peserta didik. Pengembangan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) yang mengacu pada standar
nasional pendidikan bertujuan
untuk menjamin pencapaian tujuan
pendidikan nasional. Standar
nasional pendidikan terdiri atas
standar isi, proses,kompetensi lulusan,
tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan,pembiayaan, dan penilaian pendidikan.
2. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
Materi
Pokok :
Firman Allah SWT tentang KKM : QS. Ar-Rahman : 9
Artinya;
dan Tegakkanlah timbangan
itu dengan adil
dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
KKM adalah batas
minimal nilai yang
harus dicapai oleh peserta
didik. Setiap mata
pelajaran memiliki batas
minimal nilai yang disebut dengan
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang harus dicapai siswa agar dapat naik
jenjang kelas berikutnya. Siswa yang memiliki
rasa tanggung jawab
tinggi pastilah akan
berusaha keras untuk mendapatkan
nilai terbaik di setiap mata pelajaran. Karena jika nilai mata
pelajaran yang diperolehnya
lebih rendah dari
Kriteria niliai minimal yang
harus diperoleh siswa
atau yang biasa
disebut dengan KKM, maka
ia akan tertinggal
di kelasnya. Setelah
kalian mengetaui KKM masing-masing
pelajaran di madrasahmu
tentu sudah memiliki kiat atau
strategi yang akan kalian lakukan agar bisa memperoleh nilai
melebihi matas minimal.
Upaya apa yang
harus kalian lakukan agar dapat memperoleh nilai yang baik? Sebagai rasa
syukur pada Allah SWT, serta rasa sayangmu kepada orang tua yang telah bekerja
keras membiayai kebutuhanmu
sehingga memiliki kesempatan
untuk bisa melanjutkan belajar, Apa yang dapat kalian lakukan untuk
dapat mempersembahkan sesuatu
yang terbaik di hadapan Allah dan orangtuamu? Ingatlah
bahwa kesuksesan itu
tidak datang dengan
sendirinya akan tetapi harus
diraih dengan kerja keras dan bertawakkal pada Allah SWT.
3. Kriteria Kenaikan
Kelas
Materi
Pokok
Firman
Allah SWT tentang Kriteria Kenaikan Kelas QS. Al-Hujurat : 13
Artinya;
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah
orang yang paling
taqwa diantara kamu. Sesungguhnya
Allah Maha mengetahui lagi Maha
Mengenal.
a. Upaya memenuhi Kreteria Kenaikan Kelas
Untuk dapat naik
kelas jenjang berikutnya,
kalian harus dapat memenuhi persyaratan
tertentu
yang telah
ditetapkan oleh madrasah atau
yang biasa disebut
dengan Kreteria Kenaikan
Kelas. Karenanya kalian harus
berusaha keras memenuhinya.
Semangat yang tinggi, bekerja
keras serta belajar
rajin akan sangat membantu kalian mampu untuk memenuhi persyaratan
tersebut.
b. Contoh Ketentuan Kreteria Kenaikan Kelas
Kriteria
Kenaikan Kelas sebagai berikut :
a. Persyaratan akademik
:
1. Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir
tahun pelajaran
2. Menyelesaikan seluruh
program pada dua
semeter dikelas yang diikuti
3. Telah mencapai
KKM
4. Kenaikan kelas
didasarkan pada nilai semester I dan II dengan cara perhitungan :
a. Menghitung nilai
rata-rata semester I dan
II pada mata
pelajaran tersebut
b. Menghitung rata
rata KKM semester I dan II pada mata
pelajaran tersebut
c. jika
nilai rata-rata semester
I dan II
sama atau lebih
besar dari rata-rata KKM, maka
mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas
5. SK dan KD yang
tidak tuntas maksimal 4 mata pelajaran
b. Persyaratan non
akademik
1. Mengikuti kegiatan
ektrakurikuler
2. Mempunyai nilai B (baik) pada
nilai akhlak dan kepribadian
3. Hafal asmaul husna Kelas VIII
4. Hafal surat yasin kelas IX
5. Hafal dzikir dan tahlil kelas
VIII.
6. Kehadiran minimal 85%
c. Persyaratan Karakter
Memperoleh nilai
baik nilai karakter
minimal B pada
karakter religius, disiplin dan peduli lingkungan
d. Siswa dinyatakan mengulang di kelas yang
sama apabila :
a.
Tidak menuntaskan SK dan KD lebih
dari 4 Mata Pelajaran
b. Tidak memenuhi
keriteria kenaikan kelas
c. Ketika mengulang
di kelas yang
sama nilai siswa
untuk semua indikator, kompetensi
dasar dan standar
kompetensi yang KKM-nya sudah
dicapai minimal sama
dengan yang dicapai
pada tahun sebelumnya.
Kita harus
memiliki semangat kemandirian,
tekun dan bekerja
keras agar mampu memenuhi kriteria
tersebut sehingga setiap jenjang kelasa dapat dilalui dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar