EKSTRA

Senin, 13 Agustus 2012


READ MORE -

10 Karakter Pemimpin yang Unggul.




1. Kekuatan
Kekuatan badaniah dan rohaniah merupakan syarat pokok bagi pemimpin yang harus bekerja lama dan berat pada waktu-waktu yang lama serta tidak teratur dan ditengah-tengah situasi yang sering tidak menentu.

2. Stabilitas Emosi
Pemimpin yang baik itu memiliki emosi yang stabil artinya dia tidak mudah marah, tersinggung perasaan dan tidak meledak-ledak secara emosional. Ia menghormati martabat orang lain, toleran terhadap kelemahan orang lain dan bisa memaafkan kesalahan-kesalahan yang tidak terlalu prinsipiil. Semua itu diarahkan untuk mencapai lingkungan sosial yang rukun, damai, harmonis dan menyenangkan.

3. Pengetahuan Tentang Relasi Insani.
Salah satu tugas pokok pemimpin ialah : memajukan dan mengembangkan semua bakat serta potensi anak buah untuk bisa bersama-sama maju dan mengecap kesejahteraan. Karena itu pemimpin diharapkan memiliki pengetahuan tentang sifat, watak dan perilaku anggota kelompoknya agar ia bisa menilai kelebihan dan kelemahan/keterbatasan pengikutnya, yang disesuaikan dengan tugas-tugas atau pekerjaan yang akan diberikan pada masing-masing individu.

4. Kejujuran
Pemimpin yang baik itu harus memiliki kejujuran yang tinggi, yaitu jujur pada diri sendiri dan pada orang lain (terutama bawahannya). Dia selalu menepati janji, tidak selingkuh atau munafik, dapat dipercaya, dan berlaku adil terhadap semua orang.

5. Obyektif
Pertimbangan pemimpin itu harus berdasarkan hati nurani yang bersih, supaya obyektif (tidak subyektif pada prasangka sendiri). Dia akan mencari bukti-bukti nyata dan sebab musabab setiap kejadian dan emberikan alasan yang rasional atas penolakannya.

6. Dorongan Pribadi
Keinginan dan kesediaan untuk menjadi pemimpin itu harus muncul dari dalam hati sanubari sendiri. Dukungan dari luar akan memperkuat hasrat sendiri untuk memberikan pelayanan dan pengabdian diri kepada kepentingan orang banyak.

7. Keterampilan Berkomunikasi
Pemimpin diharapkan mahir berbicara dan menulis , mudah menangkap maksud orang lain, cepat menangkap esensi dari pernyataan orang luar, mudah memahami maksud dari anggotanya. Juga pandai mengkoordinasi macam-macam sumber tenaga manusia dan mahir mengintegrasikan pelbagai opini serta aliran-aliran yang berbeda untuk mencapai kerukunan dan keseimbangan.

8. Kemampuan Mengajar
Pemimpin yang baik itu diharapkan juga menjadi guru yang baik. Mengajar itu adalah membawa siswa (orang yang belajar) secara sistematis dan intensional pada sasaran-sasaran yang tertentu, guna mengembangkan pengetahuan keterampilan/kemahiran tekni tertentu dan menambah pengalaman mereka. yang dituju ialah agar para pengikutnya bisa mandiri, mau memberikan loyalitas dan partisipasinya.

9 Keterampilan Sosial
Pemimpin juga diharapkan memiliki kemampuan untuk “mengelola” manusia, agar mereka dapat mengembangkan bakat dan potensinya. Pemimin dapat mengenali segi-segi kelemahan dan kekuatan setiap anggotanya agar bisa ditempatkan pada tugas-tugas yang cocok dengan pembawaan masing-masing. Pemimpin juga mampu mendorong setiap orang yang dibawahinya untuk berusaha dan mengembangkan diri dengan cara-caranya sendiri yang dianggap paling cocok.

10. Kecakapan Tekhnis atau Kecakapan Manajerial
Pemimpin harus superior dalam satu atau beberapa kemahiran tekhnis tertentu. Juga memiliki kemahiran manajerial untuk membuat rencana, mengelola, menganalisa keadaan, membuat keputusan, mengarahkan, mengontrol dan memperbaiki situasi yang tidak mapan. Tujuan semua ini adalah tercapainya efektifitas kerja, keuntungan maksimal, dan kebahagiaan kesejahteraan anggota sebanyak-banyaknya.
READ MORE - 10 Karakter Pemimpin yang Unggul.

10 KARAKTER UNGGUL BANGSA JEPANG




1. Kerja Keras
Bangsa Jepang pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama.

Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.

2. Malu
Malu adalah budaya turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu saat kalah dalam pertempuran. Masuk dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi pejabat (menteri, politikus atau eksekutif perusahaan) yang terlibat korupsi atau merasa gagal menjalankan tugas.

Efek negatifnya mungkin pada anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya (tidak mau memotong jalur di tengah jalan). Mereka malu terhadap lingkungan bila melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

3. Hidup Hemat
Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempat terheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30. Ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu setengah jam sebelum tutup pukul 20:00.

4. Loyalitas
Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (core business) perusahaan.

5. Inovasi
Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati masyarakat.

6. Pantang Menyerah
Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi. Ketika restorasi Meiji (meiji ishin), bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner.

Kemiskinan sumber daya alam tidak membuat Jepang menyerah. Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besi dan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari impor. Kabarnya jika Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang gelap gulita

7. Budaya Baca
Jangan kaget kalau anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran. Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyak penerbit yang mulai membuat manga (komik bergambar) untuk materi kurikulum SD, SMP dan SMA. Pelajaran Sejarah, Biologi, dan Bahasa disajikan menarik yang membuat minat baca masyarakat semakin tinggi.

Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahan buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman). Konon kabarnya legenda penerjemahan buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institute penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.

8. Kerjasama Kelompok
Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompok tersebut. Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya juga seperti itu, mengerjakan tugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok. Kerja dalam kelompok mungkin salah satu kekuatan terbesar orang Jepang.

9. Mandiri
Sejak usia dini anak-anak dilatih mandiri, setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri.
Lepas SMA dan masuk bangku kuliah hampir sebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua, mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari. Kalaupun kehabisan uang, mereka “meminjam” uang ke orang tua yang itu nanti mereka kembalikan di bulan berikutnya.

10. Jaga Tradisi & Menghormati Orang Tua
Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangan tradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini.
Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki , maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan.
Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” untuk apabila mendapat tawaran dari orang lain. Pertanian merupakan tradisi leluhur dan aset penting di Jepang. Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah, tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya. Kabarnya tanah yang dijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentif lain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.
READ MORE - 10 KARAKTER UNGGUL BANGSA JEPANG

PANDUAN MOS 2012




LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH
Alamat : Jl. Raya Jali – Demak Km.03 Kode pos 59552 '08282577203

Nama                       :     ……………………………..              Alamat        :     ……………
Materi                      :     Wawasan Kemadrasahan                     Pemateri      : Mudhofar, S.Pd.     
          
Kerjakan dan jelaskan Soal Dibawah ini dengan benar dan tepat !
1.         Apa yang menjadi motivasi kalian untuk memasuki madrasah ini? Jelaskan dan beri alasanmu!
2.         Sebutkan langkah-langkah untuk mewujudkan motivasi kalian masuk madrasah ini !
3.         Tuliskan  dan  ikrarkan  komitmenu  untuk  mewujudkan  motivasimu  masuk  madrasah ini!
4.         Apa yang bisa kalian lakukan agar visi madrasahmu dapat terwujud?
5.         Langkah-langkah  apa  yang  kamu  lakukan  untuk  mewujudkan  misi  dan  tujuan madrasahmu!
6.         Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasahmu!
7.         Identifikasilah ciri ciri berpakaian islami!
8.         Kemukakanlah apa manfaat dari berpakaian islami!
9.         Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa berpakaian Islami!
10.     Deskripsikanlah adab berbicara kepada orang tua, guru, masyarakat dan teman! 
11.     Apa  yang  kamu  lakukan  ketika  berbicara  dengan  orang  tua,guru,masyarakat  dan teman!
12.     Tuliskan  pernyataanmu  dan  ikrarkan  sebagai  komitmen  bagaiamana  kamu  adab berbicara dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
13.     Bagaimanakah akhlaq pergaulan yang sesuai dengan ajaran Islam?
14.     Bagaimanakah cara bergaul menurut Islam terhadap  orang tua,  guru, masyarakat dan teman?
15.     Tuliskan  pernyataanmu  dan  ikrarkan  sebagai  komitmen  bagaiamana  kamu bergaul dengan orang tua, guru, teman dan masyarakat!
16.     Kelompokkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama!
17.     Sebutkan penyebab mata pelajaran yang disukai dan yang kurang disukai!
18.     Langkah apa  saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang diminati agar dapat meningkat prestasinya!
19.     Langkah apa saja yang kamu lakukan pada mata pelajaran yang kurang diminati agar
20.     memperoleh hasil yang sama dengan pelajaran yang kamu minati!
21.     Tuliskan  pernyataanmu  dan  ikrarkan  agar  semua  mata  pelajaran  yang  dipelajari memperoleh nilai baik!
22.     Tulislah KKM masing-masing mata pelajaran di madrasah kamu!
23.     Tuliskan  langkah-langkah  yang  kamu  lakukan  untuk  mencapai  KKM  yang  telah ditentukan di madrasah!
24.     Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan langkah apa saja yang akan kamu lakukan untuk dapat mencapai KKM di madrasahmu!
25.     Jelaskan pengertian kriteria kenaikan kelas menurut pendapatmu!
26.     Jelaskan mengenai ketentuan kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
27.     Langkah-langkah  apa  yang  kamu  lakukan  untuk  mencapai  kriteria  kenaikan  kelas  tersebut? Sebutkan!
28.     Tuliskan pernyataanmu dan ikrarkan sebagai komitmen untuk senantiasa melakukan
29.     langkah-langkah guna mencapai  kriteria kenaikan kelas di madrasahmu!
Jawaban di sebaliknya !!!



BAB II
WAWASAN KEMADRASAHAN

A.            VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

Materi Pokok
Firman Allah SWT tentang Wawasan Kemadrasahan : Mujadilah : 11



 
Artinya ;
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan  orang-orang  yang  diberi  ilmu  pengetahuan  beberapa  derajat.  dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Setiap  orang  atau  lembaga  yang  ingin  maju  pasti  akan  memiliki pandangan  atau  cita-cita  atau biasa  kita  sebut  dengan  Visi.  Tentunya cita-cita  atau  visi  tersebut  bukan  hanya  keinginan  semata  akan  tetapi diharapkan terwujud. Seseorang yang ingin menjadi dokter pasti melalui proses  yang  panjang,  mulai  pendidikan  dasar  ia  jalani  sampai  dengan pendidikan  tinggi  dengan  jurusan  yang  sesuai.  Tidak  akan  mungkin memiliki  cita-cita  menjadi  seorang  dokter  kemudian  masuk  perguruan
tinggi  dengan  jurusan  teknik.  Demikian  juga  madrasah  kalian  pasti memiliki visi yang ingin diwujudkan. Untuk merealisasikan visi tersebut semua  komponen  yang  ada  di  madrasah  harus  ikut  secara  maksimal. Sekarang apa yang bagaiamana pendapatmu agar visi madrasahmu bisa terwujud?  Untuk mewujudkan visi diperlukan tindakan yang sesuai atau bisa kita sebut  dengan  misi.  Coba  diskusikan  bagaiamana  merealisasikan  misi yang dimiliki oleh madrasahmu! Motivasimu  masuk  ke  madrasah  akan  sangat  menentukan keberhasilanmu  dalam  pembelajaran.    Duh  pula  pada  seberapa  besar upaya  yang  akan  dilakukan  terhadap  pencapaian  visi  dan  misi madrasahmu. Dalam rangka merealisasikan visi dan misi madrasah maka ditentukan tujuan.  Tujuan  inilah  yang  akan  memperjelas  pencapaian  visi  maupun misi.  Menurut  kalian  bagaiamanakah  peran  kalian  untuk  ikut  aktif melaksanakan tujuan madrasah?  Untuk  mewujudkan  visi  dan  misi  madrasah  kalian  harus  memiliki kemauan  dan  kerja  keras  serta  bekerja  sama  seluruh  komponen madrasah  melaksanakan  kegiatan-kegiatan  madrasah  dengan  penuh tanggung jawab .

B.  CIRI KHAS MADRASAH
      1.  Akhlak Berpakaian 
             Materi Pokok:
Firman Allah SWT tentang:  Akhlak Berpakaian QS. Al-A’raaf: 26


 

Artinya ;
Hai  anak  Adam,  Sesungguhnya  Kami  telah  menurunkan  kepadamu pakaian  untuk  menutup auratmu  dan  pakaian  indah  untuk perhiasan. dan pakaian takwa. Itulah yang paling baik. yang demikian itu  adalah  sebahagian  dari  tanda-tanda  kekuasaan  Allah,  Mudah-mudahan mereka selalu ingat.

Baca dan renungkan dua ayat tersebut di atas! Apa yang dapat kalian petik dari dua ayat tersebut di atas yang berkaitan dengan cara kita berpakaian?  Sebagai  seorang    muslim  yang  mencintai  bangsanya  kita  menggunakan pakaian  yang  dapat  menjaga  kehormatan  dirinya  serta  suka  menggunakan produksi dalam negeri.

      2.  Akhlak Berbicara 
             Materi Pokok    :  
             Firman Allah SWT tentang: Akhlak berbicara : QS. An-Nisaa: 114


 

Artinya; Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan  dari  orang  yang  menyuruh  (manusia)  memberi  sedekah, atau berbuat ma'ruf, atau Mengadakan perdamaian di antara manusia.  dan  Barangsiapa  yang  berbuat  demikian  karena  mencari keredhaan Allah, Maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. 

Cobalah  kalian  fahami  ketiga  ayat  tersebut  di  atas!  Apa  yang  terkandung dalam ayat tersebut dan bagaimanakah adab seorang muslim ketika berbicara dan mendengarkan pembicaraan orang lain? 

      3.  Akhlak Pergaulan 
Materi Pokok   :
Firman Allah SWT tentang Akhlak Pergaulan : QS. Al-Hujurat : 13


 


Artinya ;
Hai  manusia, Sesungguhnya  Kami  menciptakan  kamu dari  seorang  laki-laki  dan  seorang perempuan  dan  menjadikan  kamu  berbangsa  -  bangsa dan  bersuku-suku  supaya  kamu  saling  kenal-mengenal.  Sesungguhnya orang  yang  paling  mulia  diantara  kamu  disisi  Allah  ialah  orang  yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

Cobalah kalian  renungkan  ayat  tersebut di  atas!  Mengapa  kita  diperintahkan untuk senantiasa bergaul dengan sesama dengan baik. Hikmah apa yang dapat kita ambil mengapa kita diperintahkan untuk selalu bergaul sesuai  denga ayat tersebut di atas?  

C.  KURIKULUM
      1.  Struktur Kurikulum
             Materi Pokok  :  
             Firman Allah SWT  tentang struktur kurikulum : QS.al-Baqarah : 2


             Artinya ; Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang 
             bertaqwa

Kurikulum  adalah  seperangkat  rencana  dan  pengaturan  mengenai tujuan,  isi,dan  bahan  pelajaran  serta  cara  yang  digunakan  sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan pendidikan tertentu tersebut mencakup tujuan pendidikan  nasional  serta  kesesuaian  dengan  kekhasan,  kondisi  dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik.  Pengembangan  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP)  yang mengacu  pada standar  nasional  pendidikan  bertujuan  untuk  menjamin pencapaian  tujuan  pendidikan  nasional.  Standar  nasional  pendidikan terdiri  atas  standar  isi,  proses,kompetensi  lulusan,  tenaga  kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan,pembiayaan, dan penilaian pendidikan. 

      2.   Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
             Materi Pokok    :  
             Firman Allah SWT tentang KKM : QS. Ar-Rahman : 9


 
Artinya; dan  Tegakkanlah  timbangan  itu  dengan  adil  dan  janganlah  kamu mengurangi neraca itu.
KKM  adalah  batas  minimal  nilai  yang  harus  dicapai  oleh peserta  didik.  Setiap  mata  pelajaran  memiliki  batas  minimal  nilai yang disebut dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang harus dicapai siswa agar dapat naik jenjang kelas berikutnya.  Siswa  yang memiliki  rasa  tanggung  jawab  tinggi  pastilah  akan  berusaha  keras untuk mendapatkan nilai terbaik di setiap mata pelajaran. Karena jika nilai  mata  pelajaran  yang  diperolehnya  lebih  rendah  dari  Kriteria niliai  minimal  yang  harus  diperoleh  siswa  atau  yang  biasa  disebut dengan  KKM,  maka  ia  akan  tertinggal  di  kelasnya.    Setelah  kalian mengetaui  KKM  masing-masing  pelajaran  di  madrasahmu    tentu  sudah memiliki kiat atau strategi yang akan kalian lakukan agar bisa memperoleh  nilai  melebihi  matas  minimal.    Upaya  apa  yang  harus kalian lakukan agar dapat memperoleh nilai yang baik? Sebagai rasa syukur pada Allah SWT, serta rasa sayangmu kepada orang tua yang telah  bekerja  keras  membiayai  kebutuhanmu  sehingga  memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan belajar,  Apa  yang dapat kalian lakukan  untuk  dapat  mempersembahkan  sesuatu  yang  terbaik  di hadapan Allah dan orangtuamu?  Ingatlah  bahwa  kesuksesan  itu  tidak  datang  dengan  sendirinya  akan tetapi harus diraih dengan kerja keras dan bertawakkal pada Allah SWT.

      3.  Kriteria Kenaikan Kelas
             Materi Pokok
             Firman Allah SWT tentang Kriteria Kenaikan Kelas QS. Al-Hujurat : 13


 
Artinya; Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang  yang  paling  taqwa diantara  kamu.  Sesungguhnya  Allah  Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

      a.  Upaya memenuhi Kreteria Kenaikan Kelas
     Untuk  dapat  naik  kelas  jenjang  berikutnya,  kalian  harus  dapat memenuhi  persyaratan  tertentu   
    yang  telah  ditetapkan  oleh  madrasah atau  yang  biasa  disebut  dengan  Kreteria  Kenaikan   
   Kelas.   Karenanya kalian  harus  berusaha    keras  memenuhinya.  Semangat  yang  tinggi, bekerja 
   keras  serta belajar  rajin akan sangat membantu kalian mampu untuk memenuhi persyaratan tersebut. 
      
      b.  Contoh Ketentuan Kreteria Kenaikan Kelas
      Kriteria Kenaikan Kelas sebagai berikut :
      a.   Persyaratan akademik :
            1.   Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran
             2.   Menyelesaikan  seluruh  program  pada  dua  semeter  dikelas  yang diikuti
             3.   Telah mencapai KKM
             4.   Kenaikan kelas didasarkan pada nilai semester I dan II dengan cara perhitungan :
a.   Menghitung  nilai  rata-rata  semester  I dan  II  pada  mata  pelajaran tersebut
b. Menghitung rata rata KKM semester I dan II pada mata  pelajaran tersebut
c.  jika  nilai  rata-rata  semester  I  dan  II  sama  atau  lebih  besar  dari rata-rata KKM, maka mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas
             5.   SK dan KD yang tidak tuntas maksimal 4 mata pelajaran

      b. Persyaratan non akademik
             1. Mengikuti kegiatan ektrakurikuler 
             2. Mempunyai nilai B (baik) pada nilai akhlak dan kepribadian
             3. Hafal asmaul husna Kelas VIII
             4. Hafal surat yasin kelas IX
             5. Hafal dzikir dan tahlil kelas VIII.
             6. Kehadiran minimal 85%
      c.  Persyaratan Karakter
Memperoleh  nilai  baik  nilai  karakter  minimal  B  pada  karakter religius, disiplin dan peduli lingkungan
      d.      Siswa dinyatakan mengulang di kelas yang sama apabila :
             a.  Tidak menuntaskan SK dan KD lebih dari 4 Mata Pelajaran
             b. Tidak memenuhi keriteria kenaikan kelas 
             c.  Ketika  mengulang  di  kelas  yang  sama  nilai  siswa  untuk  semua indikator,  kompetensi  dasar  dan  standar  kompetensi  yang  KKM-nya sudah  dicapai  minimal  sama  dengan  yang  dicapai  pada  tahun sebelumnya.
Kita  harus  memiliki  semangat  kemandirian,  tekun  dan  bekerja  keras agar mampu memenuhi kriteria  tersebut sehingga setiap jenjang kelasa dapat dilalui dengan baik.
READ MORE - PANDUAN MOS 2012

WIDGET


temen-temen yang budiman, ini ada beberapa conoth widget yang lumayan menarik, siapa tau ada yang bermanfaat buat temen-temen : Contoh Ke 1 :

Contoh Ke 2:

Contoh Ke 3 :
READ MORE - WIDGET

Minggu, 12 Agustus 2012

KALDIK KEMENAG 2012/2013


INI ADALAH KALENDER PENDIDIKAN KEMENAG JAWA TENGAH TAHUN 2012/2013
SEMOGA BERMANFAAT
READ MORE - KALDIK KEMENAG 2012/2013

READ MORE -

KALENDER PENDIDIKAN


KEPADA PARA DEWAN GURU INI ADALAH KALDIK MTs. MATHOLI'UL FALAH JALI
READ MORE - KALENDER PENDIDIKAN

Jumat, 01 Juni 2012


1. 2.
READ MORE -

DAFTAR NILAI UJIAN NASIONAL TAHUN 2011/2012
READ MORE -